Home / News / Tingkatkan Bakat Siswa Non Akademis, DISPUSIP Gelar Lomba Mewarnai dan Menggambar

Tingkatkan Bakat Siswa Non Akademis, DISPUSIP Gelar Lomba Mewarnai dan Menggambar

Peserta Lomba Mewarnai di Ruang Sirkulasi Dinas Perpustakan dan Kearsipan Aceh Utara, Senin (29/09)

jurnalpase.com|Lhoksukon – Untuk terus mengembangkan potensi dan bakat siswa di bidang non akademis, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Aceh Utara menggelar lomba menggambar dan mewarnai tingkat Kabupaten. Acara penutupan dan pengumuman pemenang dilaksanakan di Aula Dispusip Aceh Utara, Senin (28/09)

Lomba ini diadakan dalam rangka menggalakkan gemar membaca bagi masyarakat pengguna dan mempromosikan keberadaan Perpustakaan Umum Kabupaten Aceh Utara. Kegiatan Lomba Mewarnai diikuti oleh 175 (seratus tujuh pulu lima) orang, sedangkan untuk lomba menggambar diikuti oleh 50 (lima puluh) orang. Kedua lomba tersebut diikuti oleh peserta dengan cara mengirimkan hasil karyanya ke Paniti Lomba dari tanggal 10 – 21 September 2020.

Keseluruhan hasil karya kedua lomba dinilai oleh para dewan juri dan dipilih masing-masing 10 besar untuk kemudian para finalis akan diuji kemampuan mewarnai dan menggambar secara langsung.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara, Iskandar, S. STP., MSP mengatakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan khususnya Lomba Mewarnai dan Menggambar merupakan salah satu bentuk dukungan bagi guru dan siswa agar gemar membaca dan senang berkunjung ke perpustakaan.

“Secara khusus, kegiatan ini dimaksudkan menumbuhkan kebiasaan membaca masyarakat sehingga membaca bisa menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam hidupnya,” ucapnya.

Lanjut Iskandar, ajang lomba menggambar dan mewarnai ini  tidak sekedar mencari prestasi, tetapi juga untuk memberikan pengalaman, mengembangkan potensi dan bakat siswa dalam bidang non akademis. Karena, lanjutnya, selama di sekolah siswa cenderung lebih melatih otak kiri, sedangkan dengan adanya ajang lomba ini, dapat melatih otak kanan siswa.

“Jadikan ajang  lomba menggambar dan mewarnai ini, jangan hanya ketika ada perlombaan saja. Tetapi, siswa diberikan pelatihan pada kesehariannya. Sekaligus memperkenalkan keragaman seni dan budaya melukis khususnya Khas Kabupaten Aceh Utara,” tandasnya

Lomba ini dinilai oleh para dewan juri profesional dibidangnya, diantaranya lomba mewarna dinilai oleh Kasmiyati, S. Pd (Guru Pembimbing Mewarnai pada SD Negeri 6 Baktya Barat), Suriani, S. Pd. I (Pelatih Seni Lukis pada Dayah Irsyadul Ibaad Al Azziziyah Lhoksukon), Khamisna Zulaili, S. Si (Majelis Adat Aceh Kabupaten Aceh Utara) sedangkan Lomba Menggambar dinilai oleh Qusthalani, S. Pd., M. Pd (Tutor Desain Grafis LPK Global Intermedia Komputer Aceh Utara), Eko Faisal, S. Pd., M.Pd (Guru Lukis pada SMK Negeri 1 Baktya), Hafnidar, S. Pd (Pembimbing Seni Lukis pada SMA Negeri 1 Tanah Luas).

Berdasarkan penilaian akhir didapatkan pemenang lomba yaitu juara Lomba Mewarnai terdiri dari Danil Aqsadil Alam (Juara 1), Nurul Azmi (juara 2), Aqila Qaisara (juara 3) dan Sarwa Muazzah Asia (Harapan). Keempat para juara mendapatkan uang, plakat, bingkisan serta sertifikat.

Sementara itu, para juara Lomba Menggambar yaitu Nadia Fitri (juara 1), Muhammad Nawali (juara 2), Rahmat Putra Bahagia (juara 3) dan Miska Husna Putri (harapan).[]

About Redaksi

Check Also

Kadisdik Aceh: Guru PembaTIK Level 4, Bibit Guru Penggerak IT di Aceh

jurnalpase.com|Banda Aceh –Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri menyebutkan bibit guru penggerak dalam kompetensi Teknologi Informasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *