Selasa , 23 November 2021
Home / Inspirasi / Pendidikan Karakter Akhlak Luhur dalam Buku Karya Bu Sitti Aminah Guru SMAN 1 Muara Batu

Pendidikan Karakter Akhlak Luhur dalam Buku Karya Bu Sitti Aminah Guru SMAN 1 Muara Batu

Pendidikan Karakter Akhlak Luhur dalam Buku Karya Bu Sitti Aminah Guru SMAN 1 Muara Batu

Oleh Hamdani, S.Pd.
Penulis Esai dan Anggota IGI Kota Lhokseumawe

Guru yang tergabung dalam Ikatan Guru Indonesia (IGI) semakin kreatif dan inovatif. Para guru telah berhasil melahirkan beberapa karya dalam bentuk buku. Di antara sekian banyak guru yang tergabung dalam pelatihan menulis program Satu Guru Satu Buku (Sagusaku) IGI Kota Lhokseumawe dan Kab. Aceh Utara salah satunya adalah Bu Guru Sitti Aminah, telah berhasil menggoreskan buah karya dalam bentuk buku.

Foto : Sitti Aminah,S.Pd penulis buku “Guru Berikan Aku Cermin Yang Utuh dan juga coash SAKESAKU.

Goresan pena Bu Guru Sitti Aminah, S.Pd. berjudul Guru, Berikan Aku Cermin Utuh merupakan sebuah buku pendidikan penguatan karakter. Bu Sitti dengan bukunya mengajarkan pembaca bahwa betapa pentingnya membentuk karakter siswa yang santun, dengan meneladani akhlak Rasulullah Muhammad Saw yang penuh hikmah.

Buku Guru, Berikan Aku Cermin Utuh sebuah buku yang terbilang bagus dapat dijadikan sebagai cermin tempat berkaca untuk instropeksi diri. Dengan bercermin pada buku ini tentunya akan lebih memahami segi positif dan negatif pada diri guru dan siswa. Sehingga dapat menjadi bahan renungan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di negeri ini.

Foto :Siswa-siswi dengan karyanya SAKESAKU (SATU KELAS SATU BUKU)

“Guru, sosok yang memiliki peran penting dalam proses pendidikan peradaban bangsa. Gurulah yang mengantarkan siswa menjadi manusia yang berakhlak mulia, dan mewariskan kemuliaan bagi generasi masa depan bangsa,” demikian ungkap Bu Guru Sitti Aminah seorang guru bersahaja dalam kata pengantar buku terbitan Maghza Pustaka Yogyakarta tersebut. Buku yang terbit pada awal Januari 2018 tersebut disunting oleh Bapak Muhammad Iqbal Dawami tutor IGI Nasional yang membidangi tentang kepenulisan buku.

Drs. Azhari, Kepala PPMG Wilayah III Dinas Pendidikan Aceh menyambut baik terbitnya buku karya Bu Sitti Aminah seorang guru Bahasa Indonesia yang bertugas di SMAN 1 Muara Batu, Aceh Utara.

“Dengan membiasakan menulis, banyak manfaat yang akan diperoleh. Salah satunya, berlatih untuk berani mengemukakan gagasan-gagasan yang bermanfaat bagi masyarakat,” papar Bapak Azhari pada sambutannya dalam buku tersebut.

Buku Guru, Berikan Aku Cermin Utuh diharapkan mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi setiap orang yang membacanya dan menjadi gebrakan untuk membangun budaya baca dan tulis di Indonesia. Demikian, semoga Gerakan Literasi Sekolah semakin menggema.

Foto : Siswi memegang hasil karyanya SAKESAKU

Selain buku Guru, Berikan Aku Cermin Utuh Bu Sitti Aminah juga membimbing siswa untuk menggoreskan karya dalam beberapa judul buku lainnya.
Berikut buku-buku karya siswa hasil bimbingan Bu Sitti Aminah yang diterbitkan PT Maghza Yogyakarta yang sudah memiliki Internasional Standar Book Number (ISBN) adalah, “Literasi Siswa Menuju Aceh Carong” kemudian “Siswa Menginspirasi” buku ketiga “Cakrawala Literasi”, ke empat “Derap Langkah Literasi” dan “Literasi Generasi Nanggroe”. Sedangkan satu buku berjudul “Guru, Berikan Aku Cermin Utuh” ditulis Siti Aminah sendiri sebagai karya guru dan sekaligus pembina Sakesaku SMAN1 Muara Batu.

Walaupun isi dari ke lima buku karya siswa masih beragam, tapi itu awal yang baik untuk membudayakan literasi di Aceh dan Indonesia. Apalagi selama ini jarang kita mendengar siswa berhasil menerbitkan buku, karena itu kita berharap keberhasilan siswa di sekolah tersebut mampu memantik semangat sekolah lain yang ada di Aceh. Program satu kelas satu buku adalah adalah ide awal untuk memulai literasi di Aceh.

“Program Sakesaku yang digagas oleh IGI Aceh Utara ini juga baru, dan pertama di Aceh bahkan Indonesia,,” ujar pembina literasi di Sekolah Menengah Atas Muara Batu.

About Admin

Check Also

Penerapan Karakter Beriman, Peduli dan Berkemauan (BERLIAN) sebagai Proses Awal Menuju Merdeka Belajar di SMP Negeri 2 Dewantara.

Oleh Vonna Rohaza, S. Pd. Guru SMP Negeri 2 Dewantara CGP Angkatan 2 Aceh Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *