Home / Jurnal / Zipgrade dan Plickers, aplikasi guru zaman now

Zipgrade dan Plickers, aplikasi guru zaman now

Ilustrasi Penggunaan Aplikasi Ujian Zipgrade. Sumber:zipgrade.com

Jurnalpase.com –Zipgrade adalah aplikasi untuk mengoreksi LJH. Apa itu LJH? LJH adalah singkatan Lembar Jawab Hape. Haha benar hape! Ini merupakan alternatif Lembar Jawab Komputer (LJK). LJH ini bentuknya tidak jauh berbeda dengan LJK. Cara mengisinya pun sama, menghitamkan lingkaran opsi yang tersedia. Bedanya untuk mengoreksi kita tidak perlu menggunakan komputer dan pemindai (scanner) cukup menggunakan smartphone android atau apple.

Zipgrade terdapat 2 versi yaitu gratis dan berbayar. Yang gratis tentu ada keterbatasan yaitu hanya memindai 100 lembar per bulan. Sedangkan yang berbayar kita dapat mengoreksi LJH tak terbatas (unlimited). Harganya cukup terjangkau yaitu 6,99 dollar per tahun atau saat saya beli kurang lebih Rp 80.000. Apakah ada aplikasi koreksi lain yang benar-benar gratis? Ada banyak alternatif dari Zipgrade yang gratis.

Kelebihan Zipgrade

Zipgrade memiliki kelebihan dibanding aplikasi koreksi LJK lain. Di antaranya.
  1. Menawarkan cloud database. Kita dapat menyimpan data kita berupa hasil pindai dan analisis soal secara online.
  2. Memiliki database siswa. Kita dapat menyimpan daftar nama siswa, kode siswa, mengelompokkan siswa berdasarkan kelas, bahkan data pendukung lainnya.
  3. Mengostumisasi (customize) lembar jawab. Zipgrade menawarkan 3 template lembar jawab siap unduh untuk tes dengan jumlah soal 20, 50, dan 100 butir dan 5 opsi jawaban. Selain itu kita dapat membuat lembar jawab sendiri (khusus) yang dapat kita sesuaikan jumlah soal dan opsi jawabannya.
  4. Satu akun bisa untuk banyak hape. Dengan membayar kurang lebih Rp 80.000 per tahun kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk seluruh bapak ibu guru di sekolah. Murah kan? Lebih murah daripada membeli software scan LJK original dan alat scannernya. Setiap guru dapat memilikinya.
  5. Menyediakan analisis butir soal sederhana.
  6. Lembar jawab dapat diisi dengan pensil, pena, bahkan spidol.
  7. Akurasi tinggi dan mudah digunakan. Semudah selfie! Hehe. Terlebih kita dapat mengoreksi ulangan di mana saja. Karena hanya butuh hape.
  8. Bekerja secara offline dan online. Kita tidak perlu tersambung internet terus menerus. Kita hanya membutuhkan internet saat tertentu saja terutama dalam pembuatan lembar jawaban terkostumisasi. Untuk scanning bisa tanpa internet.

Plickers

Ilustrasi Penggunaan Plickers. sumber: plickers.com

Plickers merupakan sebuah alat penilaian untuk memberikan pengujian secara cepat akan pengetahuan siswa anda melalui soal berbentuk pilihan ganda, pernyataan benar atau salah, poling dan masih banyak lagi.

Plickers memungkinkan kita membuat kelas interaktif khususnya dalam memberikan penilaian ke siswa. Untuk menerapkannya di kelas, caranya cukup mudah, siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan tidak membutuhkan alat atau gawai, namun hanya perlu kertas atau kartu dengan gambar kode tertentu mirip seperti QR Code kemudian akan digunakan untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Guru akan mengecek jawaban dengan gawai yang sudah terinstal Plickers App di dalamnya. Anda bisa menggunakan smartphone atau tablet baik dengan IOS maupun Android. [teknopendidikan.id]

About Redaksi

Check Also

Allah Ciptakan Satu Hati Dan Kita Harus Memilih

Oleh: Eppi Permana Sari Jurnalpase.com –Dalam hidup ini kita akan selalu ditempatkan pada kondisi di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *