Home / Opini / SEKDA ACEH UTARA RAIH PENGHARGAAN API TAHUN 2022

SEKDA ACEH UTARA RAIH PENGHARGAAN API TAHUN 2022

Sekretaris Daerah Aceh Utara, Dr. A. Murtala, M.Si. Kamis (15/09)

Aceh Utara | Jurnalpase.com –Sekretaris Daerah Aceh Utara, Dr. A. Murtala, M.Si,  katagori salah seorang wakil kepala daerah se Indonesia, meraih penghargaan Anugerah Pendidikan Indonesia (API). Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Danang Hidayatullah yang disaksikan oleh delegasi Kemendikbud, delegasi Menteri Agama, pihak penyelenggara Global Educational Supplies and Solutions (GESS), pengurus IGI pusat dan daerah, serta penerima API lainnya dari seluruh Indonesia.

Anugerah ini diberikan atas keberhasilan Aceh Utara menerapkan pendidikan literasi selama lima tahun terakhir dan telah melahirkan guru penggerak terbanyak di Provinsi Aceh. Anugerah pendidikan Indonesia tersebut, diberikan kepada Gubernur, Wakil Gubernur, Walikota, Wakil Walikota, Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Anggota DPR RI, Anggota DPRD, Kepala Dinas, Birokrat Nasional, Entrepreneur dan Tokoh Masyarakat.

Kegiatan penghargaan API berlangsung sebagai bagian dari Konferensi Pendidikan Internasional GESS pada Jumat (15/9) di gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Saat menerima API, Murtala didampingi oleh Pengurus Pusat IGI asal Aceh Utara, Nanda Indah Sari dan Hafninar, mewakili ketua daerah IGI Aceh Utara sebagai pengusul.

Murtala dinilai telah berkontribusi dan berinovasi nyata kepada dunia pendidikan di Kabupaten Aceh Utara. Diantaranya memfasilitasi kegiatan IGI Aceh Utara, forum diskusi antar organisasi profesi, dan kegiatan Meuseuraya IGI Aceh Utara sehingga puluhan guru bisa belajar meningkatkan kompetensi diri, komitmen dalam mewujudkan Aceh Utara sebagai daerah model pendidikan bagi kabupaten lainnya.

Ketua Umum IGI, Danang Hidayatullah dalam sambutannya menjelaskan bahwa penerima API dari IGI bekerjasama dengan GESS diberikan kepada mereka yang telah memberikan banyak konstribusi dan inovasi nyata terhadap tumbuh kembangnya dunia pendidikan di berbagai daerah di Indonesia. Proses penetapan penerima API diawali dengan beberapa tahapan dan penilaian yang sangat matang oleh tim yang dibentuk IGI.

“Nama-nama calon penerima API diajukan oleh IGI Wilayah dan Daerah se-Indonesia, kemudian diproses, diverifikasi secaara faktual, dievaluasi, dan diputuskan yang berhak menerima API. Terima kasih saya ucapkan kepada penerima API yang telah memberikan konstribusi serta membangun inovasi nyata bagi dunia pendidikan. Saya berharap komitmen ini terus berlanjut sampai kapanpun” ucap Danang dalam sambutannya.

Sekda Aceh Utara, Dr. A. Murtala, M.Si mendedikasikan penghargaan tersebut kepada masyarakat Kabupaten Aceh Utara, para guru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara, serta berbagai pihak yang telah bekerja keras dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Murtala juga mengucapkan terimakasih kepada IGI Kabupaten Aceh Utara yang telah mengusulkan dirinya sebagai salah seorang nominator penerima API.

“Syukur Alhamdulillah atas penghargaan API yang sangat membanggakan ini. Saya persembahkan penghargaan ini untuk masyarakat Kabupaten Aceh Utara. Penghargaan ini semakin memotivasi saya untuk terus memberikan konstribusi positif dan berinovasi untuk kemajuan dan perkembangan dunia pendidikan khususnya di Aceh Utara” jelas Murtala.

Murtala berharap, bagi para dewan guru dan siswa yang telah melahirkan berbagai karya, mengikuti guru penggerak, dan dukungan terhadap implementasi kurikulum merdeka, pemerintah daerah melalui Disdikbud Aceh Utara akan terus mendukung penuh.

“Kedepan kita sudah merencanakan setiap momen hari pendidikan kita berikan penghargaan oleh pemerintah bagi guru berprestasi terutama tingkat provinsi dan nasional. Baik prestasi dalam menulis buku, membimbing siswa, maupun berbagai prestasi lainnya yang diukir guru Aceh Utara” jelas Murtala[]

About Redaksi

Check Also

Pergunu Aceh Minta Kadisdik Lakukan Pendekatan Religius Sukseskan Vaksinasi

Banda Aceh-Jurnalpase.com|Persatuan Guru Nahdhatul Ulama (Pergunu) Provinsi Aceh meminta Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Al …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *