Home / Kegiatan IGI / IGI ACEH UTARA SELENGGARAKAN DIKLAT PENYEGARAN POP IGI TAHUN 2022

IGI ACEH UTARA SELENGGARAKAN DIKLAT PENYEGARAN POP IGI TAHUN 2022

Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara, (03/08)

Lhoksukon-Jurnalpase.com|Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Kabupaten Aceh Utara menyelenggarakan Diklat Penyegaran Program Organisasi Penggerak (POP) dengan moda daring, untuk sasaran jenjang sekolah dasar. Pembukaan kegiatan dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara yang diwakiliki Kabid Dikdas, Irhamni secara daring pada Rabu 03 Agustus 2022.

Irhamni, mengatakan pihaknya menyambut baik dan sangat mendukung penuh kegiatan POP IGI. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya membantu peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di Aceh Utara. Aceh Utara saat ini fokus pada peningkatan mutu dan kompetensi guru. Ini terlihat dari dukungan program penggerak dari Kemdikbudristek, mulai dari Program Guru Penggerak, Program Sekolah Penggerak dan Program Organisasi Penggerak.

“Ratusan guru penggerak telah lahir, ini juga akan diperkuat dengan adanya sekolah penggerak di Aceh Utara. Selain itu juga dukungan dari IGI melalui Program Organisasi Penggerak, semoga 2-3 tahun kedepan akan lahir guru yang kreatif dan inovatif di Kabupaten Aceh Utara,” sebutnya.

Ketua IGI Kabupaten Aceh Utara, Qusthalani dalam kata sambutan menyebutkan Kegiatan POP IGI ini akan dilaksanakan secara daring mulai Rabu 03 Agustus 2022 hingga pendampingan pada bulan september 2022. Sasaran POP ini yaitu 17 orang kepala sekolah dan 34 orang guru dari 17 SD di Kabupaten Aceh Utara.

“Ini adalah tahun kedua Aceh Utara menjadi daerah sasaran POP IGI, semoga guru-guru kita dapat mengambil kesempatan ini dalam upaya meningkatkan kompetensinya dan bisa mengimbaskan kepada guru lain,” katanya.

Qusthalani, berharap acara berjalan dengan sukses baik dalam pelaksanaan maupun hasilnya nanti dapat diimplementasikan dalam kelas di satuan pendidikan masing-masing.

Ketua Panitia POP IGI Jenjang SMP, Nur Azijah dalam arahannya mengatakan bahwa IGI merupakan salah satu ormas dari 156 yang telah terpilih untuk menyelenggarakan diklat POP di seluruh Indonesia.

“IGI mendapatkan amanah yang besar, dengan katagori gajah dalam POP ini. Dengan tanggungjawab ratusan sekolah tersebar di seluruh Indonesia. Ini adalah dukungan dari Kemdikbudristek atas upaya yang telah kami lakukan selama ini, dengan fokus peningkatan kompetensi guru,” imbuhnya
Azijah menjelaskan bahwa Program Organisasi Penggerak merupakan program yang dibuat oleh Kemendikbudristek guna mendorong hadirnya Sekolah Penggerak yang melibatkan peran serta organisasi. Fokus utamanya adalah peningkatan kualitas guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Bagi yang lolos akan diberikan anggaran untuk peningkatan kompetensi guru selama dua tahun. Jumlah dana yang diberikan bervariasi, dilihat dari usulan dan pengalaman ormas selama ini dalam program pendidikan.

Hadir dalam pembukaan yaitu Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara, Ketua Panitia POP IGI Jenjang SMP, Nur Azijah, Fasilitator Daerah POP IGI, dan Pengurus Daerah IGI Kabupaten Aceh Utara.[]

About Redaksi

Check Also

Kepala Sekolah Aceh Utara Mengikuti Coaching Clinic Bersama IGI Aceh Utara

Setelah sukses mengadakan webinar secara daring dalam bincang pagi Bersama IGI Aceh Utara, Selasa, 08 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *