Home / Droe ke Droe / Wisata Alam Blang Kolam Air Terjun

Wisata Alam Blang Kolam Air Terjun

Blang kolam Air terjun, mungkin tak asing lagi bagi kita masyarakat aceh khususnya aceh utara, wisata alam yang dulu megah dan terkenal di era 1990an, kini blang kolam memiliki dua air terjun pertama air terjun yang airnya terjun tinggi dan ada juga air terjun rayab atau sering disebut blang kolam rayab, dan sama-sama berada dalam satu lokasi, panorama alam yang indah, air nan jenih serta sejuk memberi nuansa keindahan tersendiri pada pengunjung serta membuat kita bentah dan  berlama-lama di wisata alam yang masih sangat alami. walau saya di besarkan dan lahir di gampong tempat wisata alam tersebut,pasca damai  baru kali ini menyempatkan diri ke blang kolam rayab. wisata alam blang kolam nyaman bagi anak2 untuk bermain dan mandi sepuasnya.

Wisata alam ini  tepatnya di desa panton rayeuk sa duson alue buloh kemukiman buloh beureughang Kecamatan Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara provinsi Aceh konon dulu mau dipugar semasa bupati ilyas pasee, namun berhenti ditengah jalan, besi-besi tua berbentuk kadang binatang menjadi saksi bisu bahwa kala itu mau dipugar konon  katanya,kandang-kandang tersebut akan di isi dengan dari berbagai satwa sebagai bagian dari kebun binatang.

Blang kolam air terjun kini hanya di kolola oleh pemuda-pemuda setempat yang terwakili dari berbagai desa yang tersebar di kemukiman beureughang, mereka ada yang menjaga pakir ada juga yang menjaga keamanan sebagai bagian mengantisipasi pelanggaran nilai-nilai Syariat Islam di tempat wisata yang dikelilingi hutan dan kebun sawit.

saya mencoba mewawancara salah seorang pemuda yang sedang sibuk mengatur pakir kendaraan, kebetulan murid saya dikala saya guru disalah satu SMP dikecamatan tersebut, katanya dia mendapatkan 65rb-80rb dari seharian mereka beraktifitas di tempat wisata tersebut, dia juga mengatakan biasanya kami ada 80 orang, tak ketinggala saya juga menyempatkan diri mewancara salah seorang yang berjualan, dia mengatakan setiap hari libursaya rata2 mendapatkan keuntungan 200rb,,wahhh..luarbiasa.

Walau belum seperti tempat wisata lainnya yang memiliki fasilitas yang lumayan namun blang kolam air terjun telah memberikan mamafat bagi pemuda dan masyarakat di sekitar.

Oya kalau untuk parkir 10rb untuk kendaraan roda dua dan sudah termasuk tiket masuk untuk dua orang, sedangkan untuk kendaraan roda empat 10rb diluar dari tiket masuk untuk 3rb per orang.

Nah bagi kami yang berdimisili diseputaran objek wisata Blang Kolam gratiss donk, sebagai bagian wujud ucapan terimakasih mereka pada masyarakat sekitar.

Semoga pemerintah desa dan pemerintah daerah setempat dapat menjadikan Blang Kolam Air Terjun menjadi bagian aset yang mendatangkan omset sehingga dapat membawa dampak yang lebih baik lagi bagi pemuda2 dan masyarakat secara umum.

Salam Apa Gampong

About Admin

Check Also

DPK Aceh Utara, Nilai Karya Puisi Remaja Secara Daring

jurnalpase.com|Lhoksukon – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara menyelenggarakan Lomba Baca Puisi yang mulai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *