Sabtu , 29 Februari 2020
Home / News / Kepala BPBD Aceh Utara Sosialisasi Perdana Gerakan Petana di SMAN 1 Matangkuli

Kepala BPBD Aceh Utara Sosialisasi Perdana Gerakan Petana di SMAN 1 Matangkuli

Kepala BPBD Aceh Utara, Drs. Amir Hamzah Menjadi Pembina Upacara di SMAN 1 Matangkuli, Senin (20/01/2020)

Jurnalpase.com|Lhoksukon –Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara, Drs. Amir Hamzah mensosialisasikan Gerakan Pelajar Tangguh Bencana (Petana) di SMAN 1 Matangkuli, Senin (20/01/2020). Program yang merupakan gagasan Kepala BPBD Kabupaten Aceh Utara ini adalah bukti kepedulian pemerintah Aceh Utara melalui BPBD terhadap tanggap bencana di daerah-daerah.

Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintahan Indonesia yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, melalui upaya proaktif dalam mengelola bencana.

Kecamatan matangkuli merupakan daerah zona merah terhadap bencana banjir tiap tahunnya, oleh karena itu diperlukan sebuah upaya tanggap terhadap musibah yang selalu menyertai warga disana.

Amir Hamzah, dalam amanatnya menyampaikan bahwa bencana bukan hanya tugas dan tanggungjawab BPBD, tapi semua pihak wajib menyiapkan diri dengan sigap untuk menghadapi itu.

“Bencana tak bisa dihindari, maka kita harus selalu waspada terhadap datangnya bencana itu. Pelalajar harus menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana di daerah sekitarnya.” sebut Amir Hamzah

Amir Hamzah juga menjelaskan bahwa BPBD memiliki tiga tugas utama yaitu pra bencana, saat bencana dan pasca bencana. Pra bencana, BPBD wajib mensosialisasikan langkah-langkah yang harus dilakukan masyarakat ketika bencana datang. Saat terjadinya bencana, BPBD turun ke masyarakat masyarakat untuk memastikan tidak adanya korban jiwa dan mendapatkan perhatian dari pemerintah. Pra bencana, BPBD mendata jumlah kerusakan, korban jiwa dan memastikan adanya bantuan masa panik.

Kepala SMAN 1 Matangkuli, Drs, Ridwan, M.S.M. sangat bersyukur dan berterimakasih kepada BPBD yang bersedia untuk menjadi pembina upacara sekaligus mensosialisasikan tanggap bencana bagi pelajar.

“Ini merupakan kunjungan perdana Kepala BPBD Aceh Utara ke sekolah kami. Saya sebagai pimpinan sekolah sangat berterimakasih dan berharap SMAN 1 Matangkuli dapat menjadi model bagi sekolah yang tanggap bencana”, jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut turut dihadiri tim SAR Aceh Utara, Guru SMAN 1 Matangkuli dan seluruh pelajar SMAN 1 Matangkuli.[]

About Redaksi

Check Also

Bedah Kisi-kisi Soal UN, SMAN 1 Bireuen Datangkan Narasumber Jawa Timur

jurnalpase.com|Bireuen – SMA Negeri 1 Bireuen kembali melaksanakan pelatihan Guru. Kali ini pelatihan difokuskan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *