Home / News / Kadisdik Aceh: Guru PembaTIK Level 4, Bibit Guru Penggerak IT di Aceh

Kadisdik Aceh: Guru PembaTIK Level 4, Bibit Guru Penggerak IT di Aceh

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rahmat Fitri Bersama Narasumber Pusdatin, LPMP, DRB Aceh dan Peserta PembaTIK level 4

jurnalpase.com|Banda Aceh –Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri menyebutkan bibit guru penggerak dalam kompetensi Teknologi Informasi (IT) ada di Duta Rumah Belajar dan Peserta PembaTIK Level 4.  Pernyataan ini disampaikan disela-sela kata sambutan dalam pembukaan coaching Pembelajaran berbasis Teknologi Informatika (pembaTIK) Level 4 gelombang pertama.

Rahmat Fitri mengatakan, perkembangan IT yang begitu pesat mengharuskan guru mendalami Teknologi Informasi lebih lanjut.

“Pembelajaran di era disrupsi ini merupakan keniscayaan, IT bukanlah momok yang harus ditakutkan. Perlu adanya sebuah gerakan yang sistematis dan berkelanjutan supaya  kompetensi IT bisa menyeluruh dan merata dirasakan oleh guru yang ada di Aceh ,” ujar Rachmat secara daring di Banda Aceh, Senin (21/09)

Ia mengatakan, perubahan yang mendasar dalam sistem pendidikan abad 21 ini tidak hanya dirasakan oleh guru yang ada di perkotaan saja, namun juga guru yang ada di daerah pedalaman. Di pundak guru penggerak IT yang sudah berada di pembaTIK level 4 inilah, Dinas Pendidikan Aceh menaruh harapan.

Kepala LPMP Aceh, Dr. Muslihuddin juga memberikan semangat bagi peserta yang sudah melewati berbagai rintangan, sehingga sudah sampai ketahap akhir dari agenda pembaTIK 2020.

“Bapak dan Ibu yang berada dalam room ini adalah para guru hebat. Para guru penggerak, khususnya bidang TIK. Jangan pernah menyerah, terus berpacu untuk meningkatkan kompetensi IT. Aceh harus jadi nomor satu, bukan nomor dua apalagi tiga,” pungkasnya.

Ia juga menyebutkan, Tahun ini merupakan tahun gemilang bagi provinsi Aceh. Mulai dari partisipasi peserta pembaTIK Level 1 naik drastis sampai menduduki peringkat tiga besar, sampai dengan rapor mutu pendidikan Aceh menjadi nomor teratas.

“Sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru, LPMP Aceh siap all out. Guru SMA/SMK Sederajat di Seluruh Aceh silakan berkunjung ke LPMP Aceh. Pakai fasilitas yang ada untuk menunjang kompetensi diri. Seluruh Widhiyaswara siap memfasilitasi,”jelasnya.

Ia menilai pengembangan profesioanal guru perlu terus ditungkatkan. Sebab, pengembangan profesional juga perlu relevan secara kontekstual untuk berbagai fungsi pekerjaan dilingkungan pendidikan.()

About Redaksi

Check Also

DPK Aceh Utara, Nilai Karya Puisi Remaja Secara Daring

jurnalpase.com|Lhoksukon – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara menyelenggarakan Lomba Baca Puisi yang mulai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *