Home / News / Hadapi BDR di Tahun Ajaran Baru, SMAN 1` Seunuddon Latih Guru Manfaatkan Portal Rumah Belajar

Hadapi BDR di Tahun Ajaran Baru, SMAN 1` Seunuddon Latih Guru Manfaatkan Portal Rumah Belajar

Duta Rumah Belajar Provinsi Aceh Tahun 2018 Sedang Memberikan Materi di Lab Komputer SMAN 1 Seunuddon, Sabtu (06/06). (Foto: khaidir rasyid)

Jurnalpase.com|Lhoksukon – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Seuneddon mengatakan pelatihan pembelajaran jarak jauh dalam rangka persiapan tahun ajaran baru dalam pandemi covid-19. Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala SMAN 1 Seunuddon, Mawardi, M.Pd di Seunuddon, Sabtu (06/06).

Kegiatan yang dijadwalkan  selama tiga hari ini yaitu 06, 08 dan 13 Juni 2020, menghadirkan pemateri tunggal yaitu Duta Rumah Belajar Provinsi Aceh Tahun 2018, Qusthalani. Materi yang disampaikan yakni  pemanfaatan portal rumah belajar dan sijempol aceh untuk pembelajaran daring, penggunaan cisco webex dalam pembelajaran virtual, google form sebagai alternatif ujian daring, dan pembuatan absensi dengan zoho dan google formulir.

Kepala SMAN 1 Seunuddon, Mawardi mengatakan para guru di masa pandemi ini harus memiliki budaya dan kompetensi TIK untuk dimanfaatkan kepada siswa nantinya.

“Tanpa kemampuan Informasi Teknologi, maka siap-siap kita akan dilibas zaman. Kompetensi IT suatu keharusan bukan lagi sebagai pilihan,” katanya saat membuka kegiatan tersebut.

Mawardi menambahkan, pelatihan ini diharapkan dapat diikuti dengan serius oleh guru. Selain tatap muka, peserta juga akan dibimbing melalui WA Grup. Diakhir pelatihan peserta wajib mempresentasikan produk yang dipelajari baik secara tatap muka, maupun secara virtual.

“Harapannya setelah pelatihan ini guru mampu mengelola kelas secara daring dengan benar dan tepat sasaran. Untuk mendukung itu, sekolah juga menyediakan paket internet bagi guru dan penghargaan dalam bentuk sertifikat,”pungkasnya

Duta Rumah Belajar dan juga Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Aceh Utara, Qusthalani menyebutkan peserta sangat antusias mengikuti pelatihan, tak ada satupun terlihat guru keluar masuk ruangan. Semuanya fokus mengerjakan tugas yang telah diberikan.

“Di sini guru akan dilatih beberapa alternatif aplikasi pembelajaran jarak jauh. Aplikasi ini nantinya akan digunakan jika intruksi Belajar Dari Rumah diperpanjang,” jelasnya.

Laporan: Khaidir

About Redaksi

Check Also

Rumah Belajar dan Sijempol Aceh Hadir di SMAN 1 Sawang

Jurnalpase.com|Lhoksukon –SMAN 1 Sawang menggelar workshop bagi guru untuk dapat mengajar dalam jaringan (daring). Workshop …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *