Home / News / Dorong Pemanfaatan Akun belajar.id di Sekolah, Cabdin Bener Meriah Adakan Pelatihan

Dorong Pemanfaatan Akun belajar.id di Sekolah, Cabdin Bener Meriah Adakan Pelatihan

Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Bener Meriah, Sukardi SPd MSi (doc.aceh.tribunnews.com)

 

jurnalpase.com, REDELONG – Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bener Meriah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Akun Pembelajaran Belajar.id terintegrasi Rumah Belajar, yang telah dilaksanakan mulai tanggal 10 sampai 13 Maret 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan melatih serta membiasakan guru memanfaatkan akun belajar.id dalam proses belajar mengajar di sekolah. Ini merupakan salah satu andil Dinas Pendidikan Aceh dalam mensukseskan program Kemdikbud yang dilaunching pada bulan Desember 2020.

Dalam kegiatan ini, proses pembelajaran melalui model blended learning, tatap maya dan penugasan mandiri terstruktur menggunakan Google Classroom. Materi pelatihan disampaikan oleh Google Master Trainer yang juga  Duta Rumah Belajar Provinsi Aceh tahun 2018, Qusthalani MPd.

Kepala Cabdin Wiayah Bener Meriah melalui Kasie Pengembangan Mutu Guru dan Tenaga Kependidikan, Bohari SPd menyebutkan kegiatan ini merupakan langkah awal untuk mengenalkan pemanfaatan akun belajar.id kepada guru SMA/SMK/SLB yang menjadi binaannya.

“Sejak diluncurkan tahun lalu, berdasarkan data kami di lapangan banyak guru, maupun siswa masih bingung dalam memanfaatkan akun ini. Maka pelatihan ini merupakan salah satu solusi,” ujarnya

Bohari menambahkan, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bener Meriah mengharapkan para peserta serius dalam mengerjakan tugas dan tidak sebatas mengharapkan sertifikat. Tetapi sudah saatnya para guru di lingkungan Kabupaten Bener Meriah mengimplementasikan materi yang didapatkan pada tempat tugasnya masing-masing.

“Kami Cabdin Wilayah Bener Meriah siap memfasilitasi bapak/ibu untuk terus mengupgrade diri, mendapatkan ilmu sesuai perkembangan zaman. Jadi silakan ikuti dengan serius dan jangan sia-siakan kesempatan yang telah ada,” sebutnya.

Akun belajar.id adalah bentuk kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan Google sebagai penyedia layanan jasa internet terbesar di dunia. Diharapkan dengan adanya layanan ini, dapat membantu guru dan siswa dalam mengadakan pembelajaran secara daring maupun hybrid.

Google Master Trainer, Qusthalani mengatakan akun ini dapat menciptakan suasana belajar yang efektif, efisien dan menyenangkan bagi peserta didik meskipun hanya melalui media daring. Selain itu akun ini juga dapat digunakan meskipun belajar tatap muka secara langsung telah dilaksanakan, seperti metode hybrid learning misalnya.

“Saya berharap semua peserta pelatihan kali ini sudah memperoleh akun belajar.id dari operator sekolah. Jika akun belajar.id tidak diaktifkan sampai tanggal 30 Juni 2021, maka akun tersebut akan dinonaktifkan secara otomatis,”pungkasnya.

Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Aceh Utara ini juga menjelaskan, banyak keuntungan yang didapatkan dari akun belajar.id, diantaranya penyimpanan cloud/ awan yang tak terbatas, video conference tanpa batas waktu hingga 100 peserta, dapat digunakan untuk mendaftar ke layanan layanan pembelajaran di internet, dapat mengakses portal rumah belajar, mendukung paket kuota internet gratis dari kemdikbud, dan tidak membutuhkan bandwith yang terlalu besar.

Akun ini dapat diaktivasi oleh masing masing guru dan peserta didik setelah mendapatkannya melalui laman http://pd.data.kemdikbud.go.id/ oleh operator dapodik pada masing masing satuan pendidikan.[]

About Redaksi

Check Also

Kemendikbud Buka Seleksi Calon Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak

Jurnalpase.com|Jakarta-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi membuka pendaftaran seleksi bagi calon Pelatih Ahli Program Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *