Home / News / 30 Guru SMAN 1 Baktiya Ikuti Pelatihan Portal Rumah Belajar

30 Guru SMAN 1 Baktiya Ikuti Pelatihan Portal Rumah Belajar

Foto: Pengelolaan Rumah Belajar Melalui Daring

 

Jurnalpase.com|Lhoksukon – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Baktiya menyeelenggarakan pelatihan TIK dalam rangka optimalisasi portal pendidikan selama pandemi covid-19. Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala SMAN 1 Baktiya, Jalaluddin, M.Pd di Alue Ie Puteh, Senin (04/05).

30 Guru turut hadir dalam kegiatan yang bermanfaat dan sesuai kondisi saat ini. Para peserta pelatihan ini berasal dari guru berbagai mata pelajaran pada SMAN 1 Baktiya, mulai dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, sosiologi, dan beberapa lainnya.

Kepala SMAN 1 Baktiya, Jalaluddin mengatakan para guru dan tenaga kependidikan diera kini harus memiliki budaya dan kompetensi TIK antar sesama guru.

“Tanpa punya itu, maka siap-siap kita akan ketinggalan. Oleh karenanya, guru harus melek IT (Information Tekhnologi). Masih banyak guru yang belum maksimal dalam menggunakan TIK dalam pembelajaran,” katanya saat membuka kegiatan tersebut.

Jalaluddin menambahkan, intruksi belajar di rumah bukan hanya menyelesaikan laporan saja melainkan kerja nyata yang harus di wujudkan untuk pengembangan diri guru masing masing dalam mengembangkan potensi peserta didik.

“Harapannya setelah pelatihan ini guru mampu mengelola kelas secara daring dengan benar dan tepat sasaran. Untuk mendukung itu, sekolah juga menyediakan paket internet bagi guru dan siswa,”pungkasnya

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini yaitu 04 dan 05 Mei 2020, memberikan materi pemantapan penggunaan cisco webex dalam pembelajaran yang disampaikan Sahabat Rumah Belajar Provinsi Aceh, Eko Faisal,  Pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan sijempol Aceh untuk pembelajaran jarak jauh.

Eko Faisal menyebutkan peserta sangat antusias mengikuti pelatihan, tak ada satupun terlihat guru keluar masuk ruangan. Semuanya fokus mengerjakan tugas yang telah diberikan.

“Di sini guru akan dilatih membuat akun cisco webex. Aplikasi ini nantinya akan digunakan dalam pembelajaran jarak jauh yang interaktif. Kita juga mengenalkan beberapa fitur pada cisco webex yang dapat membantu guru dalam mengajar dari jarak jauh, namun tetap bisa bertatap muka,” jelasnya.

Adapun pemateri lain yang dihadirkan yaitu Duta Rumah Belajar Provinsi Aceh 2018, Qutshalani, S.Pd., M.Pd.

Laporan:Khaidir

 

About Redaksi

Check Also

Rumah Belajar dan Sijempol Aceh Hadir di SMAN 1 Sawang

Jurnalpase.com|Lhoksukon –SMAN 1 Sawang menggelar workshop bagi guru untuk dapat mengajar dalam jaringan (daring). Workshop …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *