Home / News / MEUSEURAYA BATCH 1 IGI ACEH UTARA DITUTUP DI SMAN 2 NISAM

MEUSEURAYA BATCH 1 IGI ACEH UTARA DITUTUP DI SMAN 2 NISAM

Penyerahan Cindera Mata Oleh Ketua IGI Kabupaten Utara Kepada Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Utara di Aula SMAN 2 Nisam, Selasa (11/08)

Jurnalpase.com|Lhoksukon – Pelatihan IT bagi guru dalam masa pandemi covid-19 diakhiri di SMAN 2 Nisam. Ini merupakan program roadshow Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Aceh Utara berkolaborasi dengan Duta Rumah Belajar (DRB) Provinsi Aceh Tahun 2018, dikemas dengan nama Meureuno Sereuya Berbagi Pengalaman di Alam Maya (Meuseuraya).  Kegiatan di SMAN 2 Nisam dibuka secara resmi oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Utara, T. Aznal Zahri di Aula SMAN 2 Nisam (11/08)

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Utara, T. Aznal Zahri mengatakan di masa pandemi ini, guru harus memiliki budaya dan kompetensi TIK untuk dimanfaatkan kepada siswa nantinya.

“Pembelajaran Teknologi Informasi seperti ini, jangan hanya dipelajari pada saat pandemi saja, Tapi guru terus mengupgrade kemampuan IT, jika tidak maka siap-siap kita akan dilibas zaman. Kompetensi IT suatu keharusan bukan lagi sebagai pilihan,” sebutnya.

Kepala SMAN 2 Nisam, Juni Karwati, sangat berterimakasih atas ilmu dan kunjungan tim Meuseuraya IGI Aceh Utara ke SMAN 2 Nisam.

“Saya mewakili sekolah memberikan penghargaan yang sebesar-sebesarnya kepada tim coach Meuseuraya IGI Kabupaten Aceh Utara dan DRB Aceh. Pelatihan yang bermanfaat ini akan terus menjadi agenda tahunan kami, sebagai upaya membekali guru untuk meningkatkan kompetensi dibidang TIK. Pelatihan ini tidak hanya dalam menghadapi pandemi covid-19, tetapi juga dalam menghadapi tantangan pendidikan di era global nanti”, ujarnya

Ketua IGI Kabupaten Aceh Utara, Qusthalani saat dihubungi melalui seluler  menyebutkan SMAN 2 Nisam merupakan sekolah keenambelas yang sudah dikunjungi.

“Ini adalah sekolah terakhir yang kita sambangi. Namun ini bukan berarti kita sudah menutup kesempatan untuk melakukan pelatihan ke sekolah lainnya. Untuk tahap satu kita akhiri dulu. Pengurus akan mengevaluasi program ini dan menyusun agenda Meuseuraya batch kedua nantinya,” pungkasnya.

Qusthalani menambahkan, pelatihan IT Meuseuraya IGI Aceh Utara dilatih oleh trainer profesional yang telah melewati tahapan seleksi dan pembelakalan sebelumnya, yaitu Khaidir, SE, Azahir, S.Pd.,M.Pd dan Rahmatsyah, S.Pd.

Materi yang disampaikan juga disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran daring dimasa pandemi. Secara garis besar terdiri dari, bagaimana menyiapkan bahan ajar, absensi dan evaluasi. Ini dituangkan dalam aplikasi sijempol aceh, rumah belajar, cisco webex/zoom, zoho dan fitur-fitur dari google.

Sekolah yang telah dikunjungi tim Meuseuraya IGI Aceh Utara yakni SMAN 1 Baktiya, SMKN 1 Baktiya, SMAN 1 Samudera, SMAN 1 Seuneuddon, SMAN 1 Sawang, SMAN 1 Nisam Antara, SMAN 1 Nisam, SMAS Ulumul Islam dan SMAN 2 Nisam. Sedangkan untuk jenjang dikdas yaitu SMPS Iskandar Muda, SMPN 1 Bandar Baro, SMPN 2 Dewantara, SMPN 4 Dewantara, SDS Iskandar Muda, dan SDN 6 Dewantara.[]

About Redaksi

Check Also

Persiapan Tahun Ajaran Baru, SMA Negeri 2 Samalanga Laksanakan Penyusunan RPP 1 Lembar

Jurnalpase.com|Bireuen –SMA Negeri 2 Samalanga Kabupaten Bireuen mempersiapkan diri lebih awal menyongsong tahun ajaran  baru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *