Home / News / Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Utara Gelar Lomba Kaligrafi Remaja Tahun 2020

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Utara Gelar Lomba Kaligrafi Remaja Tahun 2020

Penyerahan Juara Pemenang Lomba Kaligrafi DPK Kabupaten Aceh Utara, Jum’at (07/08)

Jurnalpase.com|Lhoksukon –Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara menggelar kegiatan lomba kaligrafi untuk remaja yang berusia 18-23 tahun.  Adapun kegiatan lomba yang diikuti oleh remaja ini dilaksanakan rutin setiap tahunnya.

Kegiatan lomba kaligrafi ini sebagai upaya mengembangkan dan pembudayaan kegemaran membaca dan menulis dikalangan remaja, yang bertujuan menumbuhkankembangkan minat dan kegemaran membaca serta menulis melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa persatuan dan kesatuan.

“Selain itu juga tujuan kita menarik minat baca anak terhadap buku-buku berbasis budaya daerah atau lokal dan menumbuhkan kecintaan akan budaya lokal dan nasional,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara, Iskandar, S.STP., MSP, Jum’at, 08 Agustus 2020.

Iskandar menambahkan Lomba Kaligrafi Tahun 2020 dibagi beberapa tahap yaitu tahap pengumuman tanggal 13-20 Juli 2020, tahap Penyerahan/pengiriman karya kaligrafi tanggal 21-27 Juli 2020, tahap penjurian tanggal 28-30 Juli 2020, tahap pengumuman 10 besar tanggal 4 Agustus 2020. serta Final 10 besar dilaksanakan tanggal 6 Agustus 2020.

Dewan juri yang dihadirkan merupakan seniman senior yaitu Tgk Mahdi Idris, S. HI, Tgk Muhammad, M. TH serta Tgk Khalid Sirait.

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan, Saiful Bahri mengatakan bahwa materi lomba kaligrafi tahun 2020 terdiri dari jenis khat yang dilombakan adalah Khat Naskhi, alat tulis yang digunakan adalah pena cair warna hitam serta tulisan yang dilombakan adalah ayat-ayat Al-Qur’an yang memungkinkan dapat ditulis pada kertas karton ukuran 50 cm x 50 cm.

Khat tersebut menjadi komponen penilaian utama, namun harus berdasarkan bidang kebenaran kaidah dengan materi bentuk dan proporsi huruf, jarak spasi dan letak huruf, keserasian dan komposisi antar huruf. Bidang keindahan Khat dengan materi orisinilitas dan kreativitas, sentuhan akhir (kebersihan dan kehalusan.

Meskipun pelaksanaan lomba dilakukan di tengah pandemi covid-19, namun baik para peserta, pendamping maupun panitia tetap menerapkan tata kelola kesehatan. Di antaranya sebelum memasuki area perlombaan akan dilakukan pengecekan suhu tubuh, penggunaan hand sanitizer hingga wajib masker.

“Meskipun saat sedang berlomba anak diperkenankan membuka maskernya namun setelah selesai pertunjukan langsung diwajibkan menggunakannya kembali,” pungkasnya.

Adapun pemenang pertama dari lomba kaligrafi ini yaitu Juara 1 (Sawaluddin), Juara 2 (Rizki Yataini Putri), Juara 3 (Qaisal Ridha) serta Juara Harapan ( Rizki Fauzan).

 

About Redaksi

Check Also

Tingkatkan Bakat Siswa Non Akademis, DISPUSIP Gelar Lomba Mewarnai dan Menggambar

jurnalpase.com|Lhoksukon – Untuk terus mengembangkan potensi dan bakat siswa di bidang non akademis, Dinas Perpustakaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *