Home / Kegiatan IGI / Kongres III IGI Secara Virtual, Lima Kandidat Saling Bertarung

Kongres III IGI Secara Virtual, Lima Kandidat Saling Bertarung

Foto: Khairuddin (doc: khaidir rasyid)

jurnalpase.com|Bandung–Jelang Kongres III Ikatan Guru Indonesia (IGI) pada 28 sampai 30 Januari 2021, lima kandidat Ketua Umum bakal bersaing ketat.

Kelima calon tersebut yaitu Gusti Surian (Kalimantan Selatan), Abdul Wahid Nara (Sulawesi Selatan), Marjuki (Jawa Tengah), Khaeruddin (Aceh), dan Danang (DKI Jakarta).

Kelima calon tersebut memiliki potensi yang besar untuk memajukan IGI Pusat lima tahun ke depan dan juga memiliki pendukung yang hampir berimbang.

“Mereka punya peluang yang sama untuk terpilih, karena para calon tersebut merupakan perwakilan guru terbaik di wilayahnya,” jelas Basri, salah satu Steering Committee Kongres III IGI, dalam keterangannya, Kamis (28/1/202).

Sementara itu, Ketua Umum IGI Pusat, Muhammad Ramli Rahim tidak lagi mencalonkan diri meskipun masih banyak yang mendukung.

“Saya tidak maju lagi, biar ada kaderisasi dan memberi kesempatan kepada anggota IGI lainnya untuk memimpin,” katanya.

Menurutnya, kelima kandidat sama-sama memiliki potensi kuat untuk terpilih.

Sementara, penyelenggaraan kongres dengan Jawa Barat sebagai tuan rumah tahun ini berbeda dengan sebelumnya.

Karena diselenggarakan di tengah pendemi Covid-19, maka kongres digelar secara virtual atau daring.

“Hanya Organizing Committee dan Steering Committee yang bisa hadir di lokasi kongres di Bandung. Selebihnya daring,” tambahnya.

Sementara itu, calon ketua IGI Pusat dari Aceh mewakili Sumatera, Khairuddin mengaku, dirinya saat ini diusung dan dimandati oleh beberapa daerah dan wilayah IGI.

“Tim saya sudah bekerja meski minim pergerakan, namun terlihat sangat signifikan yang membuat saya banjir dukungan hari ke hari. Ini adalah amanah, saya harus siap” jelas Khairuddin.

Sebagai guru, saatnya kita membuktikan bahwa organisasi yang benar dipimpin oleh profesi seorganisasi, guru untuk guru.

“Jejak rekam saya dalam peningkatan kompetensi guru insyaAllah mudah ditelusuri, menjadi pengembang IGI lintas pulau Indonesia, termasuk membangun jejaring barat ke timur Indonesia,” pungkasnya.

Selamat mengikuti kongres III IGI dengan menunjukkan jati diri seorang guru, santun dan beretika dalam memberi pendapat, tidak menghalakan segala cara karena menjadi pendukung suatu kontestan.[]

About Redaksi

Check Also

Kemendikbud Buka Seleksi Calon Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak

Jurnalpase.com|Jakarta-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi membuka pendaftaran seleksi bagi calon Pelatih Ahli Program Sekolah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *