Kamis , 25 November 2021
Home / News / Kadisdik Aceh Launching Buku Karya Siswa SMAN 1 Muara Batu

Kadisdik Aceh Launching Buku Karya Siswa SMAN 1 Muara Batu

Kadisdik Aceh Saat penyerahan Piagam Literasi pada siswa-siswi penulis buku SAKESAKU,

Jurnalpase.com|Lhoksukon- Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri HD, melaunching sembilan buku hasil karya siswa SMA Negeri 1 Muara Baru, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (29/10/2019).

Kegiatan yang bertemakan SMA Negeri 1 Muara Batu berjaya ketika menghasilkan karya nyata, ditandai dengan pelepasan balon ke udara dilaunchingnya buku hasil karya siswa itu diresmikan.

Kepala SMAN 1 Muara Batu, Fauzah mengatakan, seharusnya pada tahun 2018, SMA Negeri 1 Muara Batu sudah menerbitkan sembilan buku hasil karya siswa dan satu hasil karya guru. Namun tidak di lakukan launching, barulah pada hari ini tanggal 29 Oktober 2019 kita lakukan launching.

Dikatakannya, pihak sekolah mengucapkan terimakasih kepada Penerbit Buku Jejak Publisher yang telah mencetak buku dalam jangka waktu singkat. Sementara, Bupati Aceh Utara sendiri merupakan donatur dalam proses program Satu Kelas Satu Buku (Sakesaku).

“Penerbitan sebuah buku menggambarkan kondisi lingkungan, latar belakang dan kehidupan siswa sehari-hari. Kiranya menggambarkan perhatian dan kerinduan anak didik yang sedang mencari jati diri ditengah kegalauan dan keraguan dalam menjalani kehidupan di masa mendatang,” kata Fauziah.

Ia menjelaskan, pada bulan Mei 2019, Jejak Publisher menerbitkan empat buku karangan siswa SMAN 1 Muara Batu yang berjudul Muara Cinta Nanggroe, Paon Ringget di Ujong Sumatera, Gold Genaration 2019, dan Kemilau Literasi Aceh.

Fauziah menambahkan, dua buku pertama disajikan dalam bahasa khas Aceh, sedangkan dua buku terakhir menceritakan kehidupan siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu Ketua Wilayah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Aceh, Imran mengatakan, sejak berjalannya IGI Aceh, baru pertama kali dilakukan launching buku karya siswa. Sebelumnya, ratusan buku yang dilaunching hasil karya guru.

“Mudah-mudahan semua sekolah bisa berduet, sehingga menghasilkan karya seperti siswa di SMAN 1 Muara Batu,” ujar Imran.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri HD saat melaunching buku karya siswa memberikan apresiasi kepada mereka yang telah mampu menulis dengan menghasilkan buku bacaan yang bermanfaat.

“Kepala sekolah dan para guru SMA Negeri 1 Muara Batu telah mampu menggerakkan literasi di sekolah ini. Harapannya agar sekolah-sekolah lain disemua kecamatan dalam kawasan Aceh Utara mampu menggerakkan literasi kepada siswa seperti yang dilakukan pada sekolah ini,” pungkasnya.

Adapun nama-nama Duta Literasi Sekolah tahun 2019  yang sukses melahirkan karya sebuah buku yakni, Muazzah, Meri Usfira, Cut Fatimah Zahra, Cut Vera Yuniar, Nelda Novita, Ichlira Zahara, Salsabila Anastamia Marshanda, Muhammad Ardhi Maulana, TM Raihan Fallevi dan Muhammad Nabiel Wareth.

Laporan : Abi Rausan

About Admin

Check Also

Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

3.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual – Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran Oleh : Vonna Rohaza, S. Pd. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *