Home / News / IGI Aceh Utara, Lockdown Sekolah Bukan Untuk Jalan-jalan

IGI Aceh Utara, Lockdown Sekolah Bukan Untuk Jalan-jalan

Qusthalani, Duta Rumah Belajar Provinsi Aceh. foto: jurnalpase.com

Jurnalpase.com|Lhoksukon –Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Aceh Utara, Qusthalani mendukung kebijakan pemerintah Aceh yang meliburkan sekolah dan tetap melaksanakan Ujian Nasional (UN) sesuai protokoler yang berlaku. Hal itu sebagai langkah mencegah penyebaran virus corona atau corona virus disease 2019 (Covid-19) dikalangan institusi pendidikan.

Berita libur sekolah ini cepat menyebar dari kalangan pendidik di Aceh, baik melalui media daring ataupun media sosial. Berbagai pro kontra dari cuitan netizen bertebaran diberbagai jagad maya saat ini.

Qusthalani juga mengapresiasi langkah proaktif dan cepat yang dilakukan pemerintahan Aceh untuk mengantasipasi penyebaran Covid-19, tidak hanya di intansi pendidikan, juga semua SKPA dalam jajarannya. Pemerintah tidak hanya melakukan pencegahan kegiatan pengumpulan massa dalam dua pekan kedepan, namun juga membatasi anak-anak untuk berkumpul baik di sekolah maupun di tempat umum.

“Dampak penyebaran Covid-19  yang begitu cepat saat ini. Kami siap dukung kebijakan yang diambil pemerintah. Keamanan dan keselamatan peserta didik serta guru dan tenaga kependidikan itu yang utama, Namun libur tidak berarti tidak belajar sama sekali” kata Qusthalani dalam keterangan tertulis, Minggu (15/03/2020).

Masa libur selama 14 hari, dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa untuk belajar secara daring. Qusthalani berharap, jangan sampai libur sekolah dimanfaatkan untuk berlibur ke luar daerah, karena itu bukan mencegah tapi dapat mempercepat penyebaran wabah yang sedang melanda.

IGI Kabupaten Aceh Utara, siap memfasilitasi pembelajaran secara daring bagi guru dan siswa. Pembelajaran jarak jauh dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi gratis yang sudah disediakan pemerintah, maupun pihak ketiga. Seperti rumah belajar, dapat diakses di belajar.kemdikbud.go.id. Portal tersebut menyediakan fitur kelas digital, laboratorium maya, juga sumber belajar.

Rumah Belajar dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

“Para siswa silakan belajar dari jarak jauh dengan memanfaatkan rumah belajar, microsoft team, maupun google suite education. Kami siap membantu dan akan mendampingi siapa saja yang mau memanfaatkan pembelajaran dimasa lockdown saat ini,”tutupnya

 

About Redaksi

Check Also

IGI Wilayah Aceh Gelar Kegiatan“Meugiwang”, Pendaftar Membludak

Jurnalpase.com|Banda Aceh – Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Aceh menggelar kegiatan Meurunoe dan Meubagi Wawasan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *