Home / Droe ke Droe / ASIKNYA BELAJAR BERSAMA DI MESIUM ISLAM SAMUDRA PASAI

ASIKNYA BELAJAR BERSAMA DI MESIUM ISLAM SAMUDRA PASAI

ASIKNYA BELAJAR BERSAMA
DI MESIUM ISLAM SAMUDRA PASAI

Sekolah Dasar Negeri 6 Dewantara mengadakan belajar bersama di Mesium Islam Samudra Pasai. Kegiatan tersebut di ikuti 59 siswa. Museum adalah pemikiran sejarah awal peradapam manusia, oleh karena itu museum perlu di lestarikan. Kepala Sekolah Dasar Negeri 6 Dewantara, Sumarniwati S. Pd., M. Pd memboyong sebahagian siswa dan siswi kelas 4,5, dan 6 pada hari Rabu, 23 Oktober 2019, didampingi beberapa dewan guru belajar bersama untuk melihat, membuka wawasan, dan pemahaman tentang aspek budaya, relegi serta benda-benda kuno atau benda-benda bersejara yang ada di Museum Islam Samudra Pasai.

Museum Samudra Pasai terletak di desa Beuringen kecamatan Samudra Kabupate Aceh Utara. Banyak sejarah yang dapat di gali dan di pelajari oleh siswa tersimpan di Museum ini, baik tentang kerajaan islam, budaya, benda-benda sejarah dan nilai-nilai religi yang terdapat di Museum Samudra Pasai ini.

Adapun tujuan belajar bersama di museum ini untuk menigkatkan pengetahuan siswa, menanamkan nilai-nilai kebudayaan dan karakter yang religi. Sebagai generasi penerus siswa dan siswi SD Negeri 6 dapat membuka mata mempelajari peninggalan-peninggalan budaya dan sejarah Islam, menumbuh kembangkan dan dapat menimbulkan rasa ingin tahu pada siswa.

Dapat memancing imajinasi siswa yang lebih mendalam tentang kerajaan dan kejayaan Samudra Pasai pada masing-masing pemerintahan di kerajaan Islam Samudra Pasai yang berada di wilayah Aceh Utara. Berbagai manfaat yang bisa di petik antara lain dapat menambah pengetahuan dan informasi baru yang belum di ketahui dan dapat dijadikan sebagai referensi. sehingga anak dapat melihat secara langsung mengenai berbagai pengetahuan sejarah yang di ajarkan di sekolah, karena di mesium di perlihatkan secara Visual sehingga siswa dan siswi mendapat pemahaman dan penjelasan yang lebih dari petugas yang ada di museum, juga menjadi motivasi atau pengalaman belajar yang mengasyikan.

Alangkah indahnya belajar bersama di Museum, selain menambah wawasan Museum juga dapat di jadikan tempat rekreasi yang sangat menghibur. Banyak benda benda kuno yang indah, dan dapat di jadikan sebagai referensi pembelajaran mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di masa lampau.

Siswa dan siswi dapat merasakan bagaimana kehidupan di masa lampau, sehingga generasi penerus akan selalu mengingat sejarah. Apalagi di era digital saat ini banyak generasi memanfaatkan media untuk berinteraksi di media sosial.

Dengan belajar bersama di museum inn shaa Allah dapat merubah cara pandang dalam memanfaatkan tempat yang paling menyenangkan untuk belajar sejarah. Bukankah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah. Terimakasih kepada ibu Nurliana dan seluruh petugas yang telah menyambut baik kehadiran siswa dan siswi SD Negeri 6 Dewantara di Museum ini, semoga nilai-nilai Sejarah Kerajaan Islam Pase yang religi dapat tertanam di jiwa generasi penerus bangsa.

About admin

Check Also

Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

3.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual – Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran Oleh : Vonna Rohaza, S. Pd. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *