Home / News / 1.879 Pengawas PTPS Aceh Utara Dilantik

1.879 Pengawas PTPS Aceh Utara Dilantik

Pelantikan PTPS Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara

Aceh Utara | Jurnalpase.com – Sebanyak 1.879 Pengawas Tempat Penguatan Suara ( PTPS ) 2019 yang meliputi 852 Desa yang berada di 27 Kecamatan di Aceh Utara dilantik senin ( 25/3 ).

Yusriadi,SE ketua Panwaslu Aceh Utara saat dimintai keterangan oleh media ini mengatakan pelantikan PTPS hari ini dilakukan oleh komisioner dan sekretariat Penitia Pengawas Pemilhan Kecamatan ( Panwaslihcam ), dan kita lakukan secara serentak di 27 Kecamatan yang ada di Aceh Utara.

Lanjut Yusriadi, para Pengawas TPS yang sudah dilantik itu akan bertugas 23 hari sebelum hari ‘H’ dan 7 hari setelah hari ‘H’. Pengawas TPS diharapkan benar-benar bersikap netral dan profesional dalam bertugas sebagai pengawas.

“Pengawas TPS harus netral, profesional, dan harus mengedepankan tanggung jawab sebagai pengawas. Dan tugas dari PTPS adalah mengawasi persiapan pemengutan suara, mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi persiapan pemengutan suara, mengawasi pelaksanaan penghitungan suara, dan mengawasi hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS,” jelas Yusriadi

Yusriadi menambahkan, dengan ada mengedepankan sikap profesional dan netralitas serta tanggung jawab tersebut, maka akan menciptakan hasil Pemilu yang berkualitas dan berintegritas bagi peningkatan demokrasi di Aceh Utara.

“PTPS berhak menyampaikan keberatan dalam hal yang ditemukan diantaranya dugaan pelanggaran, kesalahan atau penyimpanan administrasi pemungutan dan penghitungan suara. Berwenang menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara serta melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu ketua Panwaslihcam Kecamatan Tanah Jambo Aye Iskandar,SS mengatakan Alhamdulillah dimana acara pelantikan Pengawas TPS berjalan lancar dan jumlah PTPS di Kecamatan Tanah Jambo Aye ada 130 TPS dan mereka hadir semua dalam pelantikan hari ini.

“Mereka bertugas selama satu bulan sejak hari ini dilantik,” ujarnya Iskandar

Harapannya pengawas TPS yang sudah dilantik bisa bekerja secara profesional, netral, dan tidak memihak. Sehingga seluruh tahapan dari proses pemilihan, pencoblosan, sampai dengan penghitungan dan berjalan dengan baik tanpa ada kendala, semoga pemilu tahun ini berjalan secara demokrasi di Jambo Aye khususnya Aceh Utara. Pungkasnya.( Syd ).

About Sayed Fauzi

Check Also

PC Pergunu Kota Langsa Gelar Workshop Media Pembelajaran Berbasis Android

Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Cabang Kota Langsa, dalam stage 1 melatih para guru jenjang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *