Home / News / Wisata Literasi, Siswa Muara Batu Diajak Kunjungi Perpustakaan

Wisata Literasi, Siswa Muara Batu Diajak Kunjungi Perpustakaan

Siswa SMAN 1 Muara Batu Mengunjungi Perpustakaan Daerah Aceh Utara, Selasa (07/01/2020)

Jurnalpase.com|Lhoksukon – Siswa SMAN 1 Muara Batu  mengunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara Jl. SMAN 3 Putra Bangsa Lhoksukon, Selasa (07/01/2020).

Kepala Sekolah SMAN 1 Muara Batu Fauzah, S.Pd menjelaskan, kegiatan wisata literasi dan edukasi ini dalam rangka memberikan motivasi duta literasi sekolah sekaligus pembelajaran di luar kelas. Awal tahun 2020 akan menjadi tonggak penggerak literasi secara menyeluruh lagi bisa dimulai dari ujung barat Kabupaten Aceh Utara.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh sekolah kami. Setelah kegiatan ini diharapkan pada duta literasi sekolah membawa pulang referensi yang akan dimanfaatkan untuk mensosialisasikan literasi di daerahnya. Selain itu akan terus memotivasi mereka untuk berkarya ditahun ini,” jelasnya.

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara, melalui Kabid Perpustakaan Saiful Bahri menyambut baik kunjungan para siswa tersebut dan berharap dapat diikuti oleh sekolah-sekolah lainnya baik di Aceh Utara maupun kabupaten lainnya.

“Di tempat ini siswa diajari mulai dari mendaftar anggota hingga memperlakukan buku yang dibaca. Setiap buku memiliki klasifikasi yang berbeda-beda. Karena itu jangan asal mengembalikan tapi harus sesuai dengan kode klasifikasinya,” katanya.

Begitu memasuki deretan rak buku, para siswa sibuk memilih buku bacaan. Ada yang berkelompok ada juga yang sendiri-sendiri.

Sebanyak 25 siswa terdiri dari siswa kelas X  dan XI meramaikan acara ini. Mereka didampingi kepala sekolah, penanggung jawab literasi dan pustakawan sekolah.

Siswa juga diberi tugas menceritakan kegiatan dilakukan hari ini dalam bentuk tulisan. Kemudian dipresentasikan.

Wisata literasi kali ini, selain mengunjungi perpustakaan daerah rombongan juga akan mengunjungi rumah pahlawan aceh Cut Nyak Meutia dan Museum Malikussaleh.

laporan: qusthalani

About Redaksi

Check Also

Rumah Belajar dan Sijempol Aceh Hadir di SMAN 1 Sawang

Jurnalpase.com|Lhoksukon –SMAN 1 Sawang menggelar workshop bagi guru untuk dapat mengajar dalam jaringan (daring). Workshop …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *