Kamis , 25 November 2021
Home / News / T. Aznal Zahri: Jangan Ada Diskriminasi di Sekolah

T. Aznal Zahri: Jangan Ada Diskriminasi di Sekolah

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Utara T Aznal Zahri, S.STP.,M.Si

jurnalpase.com|Lhoksukon – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Utara T Aznal Zahri S.STP M.Si, menegaskan supaya jangan ada perlakuan diskriminasi terhadap anak didik di sekolah terutama Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Hal itu disampaikan Aznal saat mengisi materi Pendidikan Inklusif di SMA N 1 Tanah Jambo Aye, Rabu (23/10).

Menurut Aznal, pendidikan merupakan hak asasi setiap warga negara. Untuk itu setiap warga berhak mendapatkan pendidikan bermutu sesuai minat dan bakat tanpa memandang status sosial, status ekonomi, suku, etnis, agama dan gender termasuk di dalamnya Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

“Selama ini kita melihat masih ada perlakuan diskriminasi terhadap ABK dalam memperoleh layanan pendidikan terutama di sekolah reguler. Sekolah reguler terkesan enggan menerima ABK dengan alasan mereka punya sekolah khusus seperti SLB,” ungkapnya.

Sejak 2003, lanjut Aznal, Pemerintah sudah mendorong sekolah-sekolah reguler untuk melaksanakan Program Pendidikan Inklusif. Tujuannya, untuk menyatukan atau menggabungkan pendidikan reguler dengan pendidikan khusus ke dalam satu sistem lembaga pendidikan yang dipersatukan untuk mempersatukan kebutuhan semua anak didik.

“Aceh Utara hanya punya lima Sekolah Luar Biasa yang tersebar di wilayah tengah dan barat. Sementara wilayah timur belum ada sama sekali. Bila sekolah reguler enggan menerima ABK, maka dipastikan mereka tidak mendapatkan layanan pendidikan,” ujarnyanya.

Untuk itu, pihaknya mendorong sekolah-sekolah reguler agar ke depan menampung ABK sehingga mereka memperoleh hak yang sama sebagai warga negara.[]

Laporan : Agussalim Masry

About Redaksi

Check Also

Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

3.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual – Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran Oleh : Vonna Rohaza, S. Pd. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *